Minggu, 02 Oktober 2011

Proses Penyambungan Tulang

Salam sejahtera teman sejawat semua.. Pada posting sebelumnya saya telah membahas sedikit tentang fraktur, nah pada postingan kali ini saya akan menyambung sedikit tentang proses penyambungan tulang. Tulang mempunyai kemampuan menyambung setelah terjadi patah tulang. Pada fraktur, proses penyambungan tulang dibagi dalam 5 tahap yaitu:

a. Hematoma
Pada fase Hematoma terjadi suatu proses perdarahan karena kerusakan pada kanalis havers dan jaringan lunak dimana darah pada pembuluh darah tidak sampai pada jaringan sehingga osteocyt mati, akibatnya terjadi necrose. Hematoma yang banyak mengandung fibrin melindungi tulang yang rusak. Setelah 24 jam akan terbentuk bekuan darah dan fibrin yang masuk ke area fraktur sehingga suplai darah ke area fraktur mulai meningkat. Kemudian akan membentuk hematoma sampai berkembang menjadi jaringan granulasi. Stadium ini berlangsung 1 sampai 3 hari.

b. Proliferasi
Proliferasi adalah proses dimana jaringan seluler yang berisi cartilage keluar dari ujung – ujung fragmen sehingga tampak di beberapa tempat bentukan pulau – pulau cartilage. Pada stadium ini terjadi pembentukan granulasi jaringan yang banyak mengandung pembuluh darah, fibroblast dan osteoblast yang akan berproliferasi membentuk fibrokartilago, kartilago hialin dan jaringan penunjang fibrosa, akan selanjutnya terbentuk fiber-fiber kartilago dan matriks tulang yang menghubungkan dua sisi fragmen tulang yang rusak sehingga terjadi osteogenesis dengan cepat. Haematoma merupakan dasar untuk proses penggantian dan penyembuhan tulang, yang berlangsung 3 hari sampai 2 minggu.

c. Pembentukan callus atau kalsifikasi
Pada pembentukan callus atau kalsifikasi adalah proses dimana setelah terjadi bentukan cartilago yang kemudian berkembang menjadi fibrous callus sehingga tulang akan menjadi sedikit osteoporotik. Pembentukan ini terjadi setelah granulasi jaringan menjadi matang. Jika stadium putus maka proses penyembuhan luka menjadi lama. Fase ini berlangsung 2 sampai 6 minggu.

d. Konsolidasi
Konsolidasi adalah suatu proses dimana terjadi proses transformasi metaplastik yaitu penyatuan pada kedua ujung tulang menjadi lebih kuat dan lebih terorganisasi. Callus yang tidak diperlukan mulai diabsorbsi dan membentuk tulang baru, sementara osteoclas akan menyingkirkan bagian yang rusak sehingga akhirnya akan terbentuk tulang yang menyerupai keadaan tulang yang aslinya. Pada tahap ini tulang sudah kuat tapi masih berongga. Fase ini biasanya butuh waktu 3 minggu sampai 6 bulan.

e. Remodeling
Remodeling adalah proses dimana tulang sudah terbentuk kembali atau tersambung dengan baik. Pada tahap ini tulang semakin menguat secara perlahan – lahan terabsorbsi dan terbentuk canalis medularis. Tahap ini berlangsung selama 6 minggu sampai 1 tahun.
Pada sebagian besar fraktur non-comminuted latihan diawali pada fase kalsifikasi. 
Sedikit dari saya mudah-mudahan bermanfaat.. Kritik dan sarannya sangat saya harapkan..

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas komentar yang anda tinggalkan, dikarenakan saya yang tidak 24 jam online, mohon maaf atas keterlambatan balasan dari saya.