Selasa, 01 November 2011

De Quervain's Syndrome

Salam sejahtera teman sejawat semua..
Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membahas tentang suatu kasus yg menurut saya unik, yg akhir-akhir ini telah banyak saya temui. De Quervain's syndrome merupakan peradangan pada tendon dan pada penutup tendon otot abductor pollicis longus (APL) dan extensor pollicis brevis (EPB). Kedua tendon otot ini membentuk segitiga sama sisi di metacarpal I. Dalam perjalanannya ke ibu jari, tendon APL dan EPB ini saling beriringan dan bersampingan ke sisi tepi pergelangan tangan. Kemudian melalui suatu terowongan (tunnel) dekat ujung tulang radius lengan bawah. Nah terowongan ini adalah saluran berselubung licin yg dinamakan tenosynovium, peradangan pada tenosynoviun dan tendon ini yang dinamakan tenosynovitis. Pada de Quervain's syndrome ini gerakan tendon yang berada pada terowongan menjadi mengerut atau seret. Gejala de Quervain's syndrome berupa nyeri pada pergelangan tangan dan lengan bawah yang berdekatan dengan ibu jari bertambah saat ibu jari bergerak, nyeri juga dapat menjalar ke lengan atas. Tidak sedikit juga terdapat crepitasi. Provokasi nyeri dengan tes Finklestein, yaitu ibu jari tangan digenggam dengan 4 jari tangan yg sama, lalu pergelangan tangan digerakkan ke ulnar deviasi, jika terdapat nyeri maka positif anda de Quervain's syndrome.

Penyebab utama dari de Quervain's syndrome adalah overuse oleh karena gerakan yg berulang-ulang dalam waktu yg lama pada tangan terutama yg menggunakan ibu jari seperti mencubit, memeras, memelintir, menekan dan menggenggam. Uniknya sebagian besar kasus ini terjadi pada wanita. Selain itu tak menutup kemungkinan reumatoid artritis dan cidera langsung pada tangan juga menyebabkan de Quervain's syndrome
Intervensi yg bisa diberikan fisioterapi adalah berupa :
1.   Microwave diathermy selama 10-15 menit
2.  Ultrasound dengan dosis, gelombang 1 Mhz, kontinyu, intensitas 1,5-2 watt/cm2, waktu 4-5 menit tergantung area terapi
3.   Splinting atau elastic bandage dengan posisi ibu jari tangan abduksi dan pergelangan tangan radial deviasi.
Selain tentunya juga pengobatan dengan operasi.
Mungkin sedikit dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat..
Saya tunggu kritik dan sarannya..

5 komentar:

Terimakasih, saya mengalami sakit seperti diatas. Saya sudah ke dr. fisioterapi, sudah diberi obat dan sudah menggunakan OPPO Wrist/Thumb Support, saya juga sudah menjalankan terapi seperti yang dianjurkan diatas, tapi dalam satu bulan ini rasa nyeri masih ada saya jadi bingung...kok belum juga sembuh yaa..malah saat ini tangan kanan saya juga mulai terasa nyeri seperti tangan saya yang kiri tahap gejala awal...ada saran lain kaah...terimakasih

silahkan ke dokter ortopedi agar penanganannya lebih tepat. saya minum obat dua hari sudah agak berkurang rasa sakitnya

Biasanya kesembuhannya memang agak lama, tergantung juga oleh faktor2 lain yg mempengaruhi, seperti nutrisi, atau pemakaian wrist tumbnya belum optimal waktunya. bila ada kesempatan boleh mampir ke klinik RAFISA DAHLIA, jl. dahlia no.41 Banjarmasin nanti bisa kita lakukan pemeriksaan.

Kunjungi website kami www.klinikrafisa.co.id

Saya juga mengalami hal yang sama dan dengan minum obat juga tidak sembuh, kemudian saya pergi ke dr. Handoyo Ahli Saraf / Neurolog di jakarta barat kemudian di berikan Suntikan Steroid. Dan langsung sembuh dalam 2 hari.

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang anda tinggalkan, dikarenakan saya yang tidak 24 jam online, mohon maaf atas keterlambatan balasan dari saya.